Resep Bakpao / mini pao Top

Bakpao / mini pao.

Resep Bakpao / mini pao Top Hello mom,, selamat datang di situs resep masakan ini. Pada artikel kali ini kita memiliki Resep Bakpao / mini pao. Resep kali ini memiliki 8 Bahan utama, dan 12 cara memasaknya. Yuk langsung kita praktekkan membuat Bakpao / mini pao.

Resep Bakpao / mini pao

  1. 250 gr tepung terigu rendah protein (kunci biru).
  2. 1 sdt fermipan (ragi instan).
  3. 1 sdt baking powder.
  4. 2 sdm gula pasir.
  5. 2 sdm mentega putih tawar.
  6. 125 ml air putih (tidak panas dan tidak dingin).
  7. 1/2 sdt garam.
  8. Coklat batang collata (potong kecil²) / pasta coklat.

Bakpao berasal dari negeri Tirai Bambu, Tiongkok. Kata Bakpao adalah bahasa serapan Hokkian, Bak artinya Bakpao identik dengan bentuk setengah lingkaran yang mengembang berwarna putih. Mini Pao merupakan bagian dari bakpao, hanya saja dibuat dengan ukuran yang lebih kecil sehingga disebut sebagai pao mini. Spesifikasi Mesin Bakpau (Pao Machine / Bun Stuff).

Langkah – Langkah Bakpao / mini pao

  1. Tuangkan tepung terigu, fermipan dan baking powder kedalam baskom, lalu aduk dgn centong atau spatula agar tercampur rata.
  2. Masukan gula pasir kedalam 125 ml air putih lalu aduk aduk hingga gula larut.
  3. Setelah gula pasir nya larut didalam air, masukan air sedikit demi sedikit kedalam adonan sambil diaduk menggunakan spatula/centong sampai air habis dan adonan tercampur rata..
  4. Setelah adonan tercampur rata uleni dengan tangan, masukan 2sdm mentega putih dan ½ sdt garam, lalu campur bahan tsb sambil diuleni (gerakan menguleni seperti mencuci baju),uleni terus hingga kalis (proses ini memakan waktu ±15menit).
  5. Setelah adonan kalis, lembut dan lentur. Tutup baskom dengan menggunakan serbet atau kain kering kurang lebih 10 menit hingga adonan mengembang..
  6. Setelah mengembang, buka kain dan timbang adonan dan potong adonan masing masing ± 54 gram atau jika tidak ada timbangan adonan bisa dibagi menjadi 9 bagian.
  7. Setelah adonan dibagi, siapkan alas untuk bakpao nya (bisa menggunakan : kertas bakpao, kertas cupcake, kertas bolu, ataupun daun pisang), lalu ambil satu adonan dan uleni sebentar sambil di rounding agar berbentuk bulat lalu pipihkan sedikit, lalu tipiskan lagi pinggirannya dengan menggunakan jari tangan biarkan bagian tengah agak tebal.
  8. Lalu isi bagian tengah tadi dengan menggunakan coklat batang atau pasta coklat (sesuai selera), lalu tutup adonan hingga tertutup rapat biar si coklatnya tidak keluar dengan dicubit cubit pelan pelan, setelah itu boleh dirounding pelan pelan aja agar isian td tdk keluar, lakukan hingga adonan habis.
  9. Setelah itu letakan diatas kertas bakpao, lalu letakan dan ditata di dalam baskom atau wadah lakukan semua nya hingga selesai.
  10. Setelah bakpao selesai dibentuk semua, tutup dgn menggunakan kain dan istirahat selama kurang lebih 15 menit, sambil menunggu bakpao mengembang siapkan panci kukusan yg telah diisi air dan panaskan air hingga mendidih..
  11. Setelah bakpao tadi di istirahatkan selama 15 menit dan telah mengembang, dan siap untuk dikukus. Masukan adonan bakpao td kedalam kukusan lalu tutup kukusan dengan memberi alas serbet di tutup panci nya supaya air uap tidak menetes kedalam adonan. Kukus dgn api sedang cenderung ke kecil kurang lebih selama 10 menit..
  12. Setelah 10 menit buka kukusan dan bakpao terlihat mengembang,montok montok dan mulus. Angkat bakpao dan bakpao siap untuk dihidangkan 😊😉.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *