Resep Bakpau isi Ayam Top

Bakpau isi Ayam.

Resep Bakpau isi Ayam Top Hello mom,, selamat datang di situs resep masakan ini. Pada artikel kali ini kita memiliki Resep Bakpau isi Ayam. Resep kali ini memiliki 22 Bahan utama, dan 6 cara memasaknya. Yuk langsung kita praktekkan membuat Bakpau isi Ayam.

Resep Bakpau isi Ayam

  1. 250 gr tepung terigu rendah protein (aku merk kunci biru).
  2. 150 ml air suhu ruang.
  3. 1 sdm gula pasir.
  4. 1 sdt ragi instan (fermipan).
  5. 1/2 sdt garam halus.
  6. 1 sdm mentega putih (aku mentega biasa, blueband).
  7. kertas bakpau/daun pisang (untuk alas).
  8. bahan isian ayam.
  9. 200 gr daging ayam cincang / giling.
  10. 1 butir bawang bombay, iris halus.
  11. 3 butir bawang merah, iris kasar.
  12. 1 batang bawang daun, iris tipis.
  13. 1 sdt terigu yang dilarutkan dengan sedikit air.
  14. sesuai selera:.
  15. kecap manis.
  16. saus tiram.
  17. kecap asin.
  18. merica putih bubuk.
  19. merica hitam bubuk.
  20. garam.
  21. gula.
  22. air.

Bakpao merupakan Kue kukus tradisional cina yang cukup terkenal di Indonesia. Kue Bakpao empuk dan lezat dengan aneka isi bakpao. Isi adonan dengan isian ayam lalu bulatkan. Letakkan tiap bakpao di atas potongan kertas roti.

Cara Memasak Bakpau isi Ayam

  1. Buat dulu bahan isian. Tumis bawang merah dan bombay sampai harum. Masukkan daging, aduk sampai berubah warna. Masukkan air secukupnya sambil beri bumbu. Masak hingga empuk dan meresap, jangan terlalu kering, akan lebih enak jika juicy. Taburi bwang daun, lalu beri cairan terigu, aduk-aduk dan angkat. Sisihkan..
  2. Campur rata tepung dan ragi, aduk dengan spatula sampai benar2 tercampur rata. campurkan gula dengan air, aduk sampai gula larut kemudian tambahkan air ke tepung yg sudah tercampur dengan ragi sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai air habis..
  3. Uleni adonan (aku diatas meja biar leluasa) sampai tepung tercampur merata. Tambahkan mentega dan garam, uleni sampai kalis selama ± 15 menit di uleni dengan gerakan seperti mencuci baju..
  4. Setelah kalis, bagi2 adonan menjadi 8 bagian ± setiap adonan berat nya 53 gr. Sekarang mulai membentuk adonan menjadi bentuk bakpau, sambil membentuk tutup adonan yg sudah dibagi tadi dengan serbet/kain bersih. Ambil 1 adonan, di rounding (dibentuk membulat) kemudian giling perlahan mengunakan gilingan (aku pakai botol kaca) biarkan adonan ditengah tetap tebal, sedangkang pinggiran nya dipipihkan, taruh isian daging kemudian tutup dngn dicubit2 keatas dan rounding lagi perlahan sampai membulat..
  5. Taruh dikertas bakpau, kemudian taruh dinampan. Lakukan hal yg serupa pada adonan yang lain sampai adonan habis. Kemudian tutup adonan yang sudah jadi dengan serbet/kain bersih sampai ± 15 menit, jika suhu ditempat kalian dingin 20 menit tapi jika panas 15 menit cukup hal ini pentg supaya bakpau tidak keriput saat dikukus..
  6. Panas kan kukusan dengan air didalam nya ± 1 liter. Masukkan semua bakpau dan kukus selama 10 menit dengan api sedang cendrung kecil. Jangan lupa tutup kukusan diberi kain supaya air tidak menetes ke bakpau. Jika sudah 10 menit, angkat dan siap dinikmati hangat2. Selamat mencoba..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *